Psikologi Perkembangan
Peserta Didik
DOSEN : Dr.H.M
HOSNAN Dip.Ed,M.Pd
MAHASISWA : ADITIA
2227141092
III
B (PGSD)
Soal Perkembangan Pendidikan Peserta Didik
1.
Apa tugas anda selaku calon guru SD ?
2.
Apa kegiatan yang akan di lakukan ?
3.
Bentuk kegiatan apa ?
Isi Soal Pendidikan
Perkembangan Peserta Didik
1. Tugas pokok guru di sekolah. Sekolah adalah lembaga pendidikan
dengan kegiatan inti proses belajar dan mengajar. Proses belajar dilakukan oleh
siswa, bahkan oleh guru sendiri. Kedua proses tersebut berlangsung dalam tempat
dan waktu bersamaan. Saat guru
mengajar namun
saat itu pulalah sesungguhnya seorang guru sedang belajar.
Namun demikian sasaran utama
pembelajaran di sekolah adalah proses belajar siswa. Artinya, pembelajaran di
ruang kelas menitik beratkan pada proses bagaimana siswa belajar. Peran guru
adalah bagaimana menciptakan suasana belajar sesuai tugas pokoknya dalam
pendidikan di sekolah.
Berkaitan dengan pendidikan di
lembaga sekolah, ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan. Uraiannnya sebagai
berikut:
-
Mengajar
Mengajar mengandung arti
dangkal yaitu menyampaikan ilmu
pengetahuan kepada siswa. Mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa
sesuai disiplin ilmu yang diasuh. Sasaran tugas ini adalah aspek kognitif
siswa. Untuk melaksanakan hal ini
diperlukan strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai.
-
Mendidik.
Mendidik termasuk tugas guru yang
agak komplit dan rumit. Tugas ini berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang
baik. Bagaimana mengubah sikap dan perilaku siswa ke arah yang lebih baik.
Dalam satu kelas diisi oleh siswa
dengan berbagai karakter dan tingkah laku. Aneka karakter yang dimiliki oleh
siswa akan dikembangkan dan diarahkan kepada karakter dan tingkah laku yang
lebih baik.
Mengembangkan karakter dan tingkah
laku siswa ke arah yang lebih baik tidak bisa diajarkan melalui
doktrin-doktrin. Yang diperlukan adalah suri tauladan dan contoh-contoh yang
baik dan nyata dari seorang guru. Konsekuensinya adalah guru perlu
berkepribadian yang baik sesuai norma-norma yang berlaku.
-
Melatih.
Tugas guru melatih siswa tidak sama
dengan seorang pelatih lainnya. Tugas
guru ini sejalan dan bersifat sinergis.
Saat mengajar dan mendidik, maka saat itu pula dapat dilaksanakan tugas guru
sebagai pelatih. Melatih dengan berbagai kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh
peserta didik.
2. A. Pemberian
Pengajaran Perbaikan
Pemberian Pengajaran Perbaikan Bermaksud untuk memberikan
penyembuhan atau pembetulan terhadap perolehan hasil belajar siswa yang
mengalami penurunan atau kurang memuaskan, dengan tujuan agar siswa dengan
pemberian pengajaran perbaikan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pemberian
pengajaran perbaikan merupakan pemberian suatu pengajaran kepada siswa atau
sekelompok siswa yang mempunyai permasalahan belajar agar permasalahan dan kesalahan
yang dihadapi siswa tersebut dalam hasil belajarnya dapat diperbaiki.
B. Melakukan Kegiatan Pengayaan
Kegiatan pengayaan adalah suatu bentuk layanan yang
diberikan kepada siswa atau sekelompok siswa yang belajarnya sangat cepat. Hal
ini bertujuan untuk memberikan tugas-tugas tambahan untuk menambah dan
memperluas pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dalam kegiatan
pembelajaran pada sebelumnya. Kegiatan pengayaan diberikan kepada siswa yang
cepat belajar, karena siswa yang demikian ini selalu dapat mengerjakan tugasnya
dengan cepat dibanding dengan teman-temannya yang lain. Bagi siswa yang
memiliki kemampuan tersebut, tentunya akan mempunyai dampak yang positif
apabila siswa tersebut diberikan perhatian dan penghargaan atas keberhasilan serta
kemampuannya dalam belajarnya tersebut. dengan demikian, siswa tersebut akan
berusaha untuk tetap mencapai apa yang dimiliki atas prestasinya. Jika siswa
yang memiliki cepat belajar tersebut kurang diperhatikan dan bahkan kurang
dihargai, maka siswa tersebut dapat berdampak negatif pada perkembangan
selanjutnya, seperti menjadi seseorang yang patah hati, tidak memiliki
semangat, jera, dan jengkel. Dari perlakuan yang diterimnya itu, maka siswa ini
dapat menimbulkan menurunnya prestasi belajarnya.
C.
Memberikan
Peningkatan Motivasi Belajar
Memberikan
peningkatan motivasi belajar kepada siswa secara konsisten dan kontinu,
merupakan suatu usaha yang harus dilakukan guru kepada siswanya agar siswanya
dapat termotivasi untuk lebih giat dalam belajar dan mengikuti pelajaran.
Hal-hal yang dapat dilakukan guru yaitu dengan.
3. A. Dalam
pelaksanaannya, pemberian pengajaran perbaikan disesuaikan dengan jenis, sifat
dan latar belakang permasalahan yang dihadapi siswa. Oleh karena itu, pemberian
pengajaran perbaikan bersifat lebih khusus dibanding dengan pengajaran pada
biasanya. Selain itu, siswa yang mempunyai permasalahan belajar dengan siswa
yang mengikuti pelajaran di kelas pada biasanya memiliki sedikit perbedaan,
yaitu jika di dalam kelas biasanya, unsur emosionalnya dapat dikurangi, namun
sebaliknya, pada siswa yang mempunyai permasalahan belajar memiliki perasaan
yang takut, cemas, kadang tidak tenteram, bingung dan bahkan bimbang.
B. Memberikan
peningkatan motivasi belajar kepada siswa secara konsisten dan kontinu,
merupakan suatu usaha yang harus dilakukan guru kepada siswanya agar siswanya
dapat termotivasi untuk lebih giat dalam belajar dan mengikuti pelajaran.
Hal-hal yang dapat dilakukan guru yaitu dengan.
D. Memberikan penjelasan tentang tujuan-tujuan belajar.
Siswa akan merasa tertarik untuk mengikuti pelajaran bila siswa dapat mengetahui
tujuan yang akan diperolehnya setelah ia mengikuti pelajaran.
E. Guru dapat
menyesuaikan metode,strategi dan model pembelajaran yang
menyesuaikan dengan bakat, minat dan kemampuan siswa.
C. Guru dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang dapat memberi tantangan, rangsangan, dan
tentunya menyenagkan siswa.
Diposkan Oleh Aditia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar