Minggu, 01 November 2015

Hasil Obsevasi



Senin 26 Oktober 2015, tepatnya pukul 08:30 WIB pagi saya pergi ke sekolah SDN MEKARJAYA 1 untuk mencari informasi tentang Kurikulum 2013  dan mengamati pembelajaran nya sekaligus cara pengaplikasiannya dari bapak/ibu guru yang berada di sekolah. Awal saya datang, saya menuju ke kantor dimana tempat bapak/ibu guru berada saya mengetuk pintu sambil mengucapkan salam dan berwawancara dengan gurunya.
Saya                : assalamualikum wr. wb.
Narasumber     : walaikumsalam wr. wb.
Saya                : ada waktu kosong tidak pak?
Narasumber     : iya ada de sok silahkan duduk saja
Saya                : saya dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pak ingin ingin mencari informasi tentang kurikulum yang di pakai di sekolah ini, boleh tidak pa?
Narasumber     : boleh de silahkan, mau bertanya apa de ?
Saya                : saya mau bertanya seputar tentang kurikulum 2013 pa
Narasumber     : oh begitu
Saya                : iya pak, menurut bapak apakah kurikulum 2013 itu?
Narasumber     : Kurikulum 2013 merupakan sebuah pembelajaran yang menekankan pada aspek afektif atau perubahan perilaku dan kompetensi contohnya seperti sikap, keterampilan dan pengetahuan, begitu de. Agar mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
Saya                : Apakah bapak setuju dengan kurikulum 2013?
Narasumber     : Iya, saya sangat setuju karena kurikulum 2013 itu sangat baik sekali dikarenakan berdampak positif bagi siswa maupun guru.
Saya                : Dalam kurikulum 2013 pendidikan apakah yang paling ditekankan dalam proses belajar mengajar?
Narasumber     : contohnya seperti sikap, keterampilan dan pengetahuan, begitu de.
Saya                : Apakah disekolah bapak sudah menerapkan kurikulum 2013?
Narasumber     : Tahun kemarin sekolah ini sudah mencoba menerapkan kurikulum 2013 tetapi sekarang diganti kembali ke kurikulum KTSP
Saya                : Sebelum kurikulum 2013 di terapkan, adakah pelatihan-pelatihan khusus yang diberikan kepada guru?
Narasumber     : kalau saya waktu tahun kemarin sewaktu di terapkannya kurikulum 2013 saya tidak mendengar dan tidak mengetahui adanya pelatihan-pelatihan, hanya saja ada pelatihan untuk kepala sekolah saja.
saya                 : Adakah kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013?
Narasumber     : ada de, kesulitanya proses penilaian yang sangat rumit dan membuat siswa aktif itu susah karena di dalam kurikulum 2013 guru harus pintar menjadi pasilitator agar siswa bertanya.
Saya                : Apakah perbedaan kurikulum sebelumnya (KTSP) dengan kurikulum 2013?
Narasumber     :Sebenernya kalau di analisis itu sama yang berbeda adalah penekanan sikap spiritual dengan sosial, format penilaian, perbedaan study dan penanaman sikap. Jadi sebenernya ktsp itu masih ada Cuma sekarang lebih di kemas menjadi lebih baik lagi dan berganti nama menjadi kurikulum 2013.
Saya                : Lebih mudah mana cara mengajar antara KTSP dengan kurikulum 2013?
Narasumber     : Kalau menurut pendapat saya lebih mudah KTSP
Saya                : Apa kelebihan kurikulum 2013 dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya?
Narasumber     : Nah kalau kurikulum 2013 itu lebih menekankan pada pendidikan karakter. Selain kreatif dan inovatif, pendidikan karakter juga penting yang nantinya terintegrasi menjadi satu. Misalnya, pendidikan budi pekerti luhur dan karakter harus diintegrasikan kesemua program studi.
Saya                :Menurut bapak, apa kekurangan dari kurikulum 2013?
Narasumber     : Untuk kekurangan nya jadi Pemerintah seolah melihat semua guru dan siswa memiliki kapasitas yang sama dalam kurikulum 2013. Guru juga tidak pernah dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013.
Saya                : Sudah cocok kah kurikulum 2013 diterapkan disekolah yang bapak/ibu ajar?
Narasumber     : Belum de karena sekolah ini belum memenuhi kriteria sekolah seperti di kota-kota besar yang sudah maju dan memiliki kapasitas yang sangat memadai.
Saya                : Apa sajakah mata pelajaran yang di ajarkan dalam kurikulum 2013?
Narasumber     : kalau di sekolah ini tematik
Saya                : Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut aktif dalam proses belajar mengajar, menurut bapak apakah itu tidak memberatkan kepada siswa?
Narasumber     : Ya menurut saya memberatkan siswa karena ya anak SD yang lagi senang-senangnya bermain bersama kawan-kawannya de.
Saya    :Dalam kurikulum 2013 juga siswa diajarkan hal-hal yang nyata, apakah ada kesulitan dalam mencari dan menggunakan media pembelajarannya?
Narasumber     : sama saja kalau menut saya kalau tentang media pembelajaran itu sama seperti KTSP
Saya                : oh begitu, yaudah pak terimakasih banyak atas waktunya, maaf mengganggu waktu bapak
Narasumber     : tidak apa-apa de santai saja
Saya                : pak saya maumengamati proses pembelajaran sekaligus keadaan kelas apakah boleh pak ?
Narasumber     : iya de boleh
Setelah saya berbincang – bincang saya langsung ke kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan saya mengamati cara guru menyampaikan materi dan melihat tata ruanganganya setelah itu saya menuju ke perpustakaan tempat di mana anak  - anak belajar di luar jam belajar atau sedang waktunya istirahat.
Diposkan oleh aditya sakmad 14:20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar